News Update :
Home » » Adakah antivirus palsu

Adakah antivirus palsu

Penulis : qita nakata on Minggu, 21 Agustus 2011 | 19.13

Rp 000,000.00

 Antivirus palsu

Barangkali sesuatu yang tidak wajar bagi kita, ada antivirus palsu. dan perlu dipertanyakan, benarkah ada antivirus palsu?
Baru-baru ini ditemukan Win32/Delf.QCZ, yang di deteksi oleh antivirus ESET sebagai malware. Malware ini menginventari beberapa aplikasi keamanan untuk mematikan fungsi deteksinya. Modus penyebaran Win32/Delf.WCZ ini adalah menggunakan aplikasi lama “codec palsu/media player” dan link ke situs malware-laden yang menyebar lewat Facebook chat. Hebatnya, si pembuat malware kini juga telah meng-upgrade serangan menjadi lebih personal terhadap pengguna yang dijadikan target.
Trojan ini tidak hanya muncul sebagai pesan spam saja, tetapi juga muncul di wall pengguna facebook.

Trojan ini bisa dikategorikan sebagai antivirus palsu dan mengacaukan kerja aplikasi keamanan. Biasanya akan memunculkan screen peringatan tentang virus hasil deteksi di komputer yang berhasil terkonfirmasi dan perlu segera diperbaiki. Selanjutnya trojan akan menunggu sampai pengguna restart komputer. Jika komputer tidak dalam kondisi restart, peringatan bahaya virus akan muncul lagi dengan pesan bahwa tidak bisa dilakukan treatment terhadap virus sehingga harus melakukan reboot.

Link yang tampil ke web-web tersebut sangat mirip dengan tampilan pada YouTube. Ciri khasnya, biasanya malware ini akan meminta user untuk meng-upgrade Adobe Flash Player terlebih dahulu untuk dapat menyaksikan video yang dikirimkan. Salah satu trik yang digunakan agar calon korbannya tertarik adalah dengan meminta user menjalankan malware yang dikirim. Sedangkan nama user yang mengirimkan sudah tentu palsu karena diperoleh dari Facebook. Judul video yang ditampilkan di YouTube pun menggunakan judul tambahan agar terkesan sensasional.

Screenshot tersebut muncul dalam berbagai versi termasuk versi bahasa Rusia, masing-masing versi akan muncul sesuai dengan wilayah terjadinya infiltrasi sistem.
Bahkan jika korban tidak meng-klik opsi restart, malware akan tetap berupaya agar komputer restart. Pada Safe Mode, file direktori yang ada dalam aplikasi keamanan akan terhapus dan sistem akan restart secara otomatis dengan Normal Mode.

Jadi hati-hati dengan antivirus palsu yang menjadi musuh dalam selimut dalam facebook anda.
Share this article :
 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. WEBQITA . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger